Slide Show

Minggu, 17 April 2016

Pengaduan Fasilitas Publik berbasis Web

Pengaduan Fasilitas Publik berbasis Web


 Disusun Oleh :
Kaishananda Dwi Takanwiedi (1411502980)
Akbar Maulana Putra (1411502295)
Ardy (1411503327)







BAB I 

1. Latar Belakang


Dewasa kini, pemerintah dibawah kepemimpinan presiden Jokowi sedang giat-giatnya menjalankan program pembangunan infrastruktur di berbagai sektor. Hal ini dapat dilihat dengan maraknya proyek - proyek yang digalang pemerintah dalam upaya membangun infrastruktur agar menjadi lebih baik.


Namun, terkadang pemerintah hanya fokus dalam melakukan pembangunan saja, dan sering kali lalai dalam hal perawatan. Berbagai alasan diberikan pemerintah terkait masalah ini, dari mahalnya biaya perawatan hingga kurangnya kesadaran dan ketidaktahuan pemerintah mengenai lokasi fasilitas yang rusak/kurang terawat tersebut, sehingga banyak masyarakat yang menjadi korban karena infrastruktur yang rusak/kurang terawat tersebut


Sebagai masyarakat tentu kita ingin diperlakukan dengan baik oleh pemerintah, dalam hal ini baiknya pelayanan infrastruktur dari pemerintah. Namun, banyak kendala bagi masyarakat untuk mendapatkan itu, salah satunya tidak adanya media yang dijadikan tempat untuk menyampaikan masalah infastruktur tersebut. 


Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah media/wadah untuk masyarakat dan pemerintah untuk berkomunikasi secara dua arah. Sehingga, jika didapati sebuah masalah dalam hal infrastruktur, masyarakat dapat langsung menyampaikannya, sehingga pemerintah dapat mengetahui serta dapat melakukan tindakan terhadap laporan masyarakat tersebut dan dengan adanya media/wadah ini masyarakat juga dapat memantau sejauh mana proses perbaikan terhadap infrastruktur yang rusak/kurang terawat tersebut.



2. Tujuan

Tujuan dibuatnya Web Pengaduan Fasilitas Publik ini adalah :
  • Mempermudah masyarakat dalam melaporkan suatu fasilitas publik yang rusak/kurang terawat.
  • Sebagai media komunikasi antara masyarakat dengan pemerintahnya.
  • Untuk melihat sejauh mana pemerintah sudah menyelesaikan kerusakan/kurang terawatnya fasilitas publik.
  • Sebagai tolak ukur keberhasilan pemerintah dalam menanggapi keluhan/laporan dari masyarakat.

3. Rumusan Masalah

  • Apakah fasilitas publik sudah terawat dengan baik oleh pemerintah?
  • Mengapa banyak fasilitas publik yang rusak dan belum diperbaiki?
  • Bagaimana cara masyarakat melaporkan masalah kerusakan/kurang terawatnya fasilitas publik?
  • Bagaimana kinerja pemerintah terhadap laporan masyarakat?

4. Ruang Lingkup

Aplikasi ini, berbasis web dan dapat diakses melalui mobile. Sehingga masyarakat dapat secara mudah melaporkan jika terdapat sebuah masalah dalam hal infrastruktur. Pengguna aplikasi ini, diperuntuhkan bagi masyarakat, sehingga masyarakat dapat berkomunikasi secara langsung dengan pemerintahan daerahnya.


5. Rancangan Layer


Tidak ada komentar:

Posting Komentar